Kamis, 12 Juli 2012

Tools untuk Coding

Coding itu sebenarnya apa sih? Mungkin aneh juga lah yah, setaun yang lalu saat awal-awal saya kuliah, saya masih bingung apa artinya coding. Ahirnya saya tau, kalau coding itu berasal dari kata code, dan diberi akhiran -ing yang berarti kegiatan membuat code program, ya kurang lebih begitu lah :D

Oke, mmm, selanjutnya kita cerita dulu deh. Sesuatu yang berhubungan kegiatan atau pekerjaan pasti deh ada tools yang dibutuhkan lah yah? Nah disini juga sama, mereka-mereka yang bergelut di dunia coding pun perlu tools, dan di post kali ini saya akan beri beberapa tools yang diperlukan untuk coding :)
Yang pertama adalah notepad++. Kalian pasti tau notepad kan? Nah, sesuai dengan namanya, notepad++ ini memang memiliki fitur ++ dibandingkan dengan notepad biasa. Penasaran kan? Langsung saja unduh, klik gambar dibawah.
Nah, berhubung nanti kita akan belajar pemrograman bahasa C, kita perlu juga nih punya compiler-nya, namanya MinGW, singkat cerita MinGW ini nanti akan ngecek codingan kita, apakah ada kesalahan atau tidak dan meng-compile-nya kebentuk executeable program. Silakan, bisa diunduh disini.

Setelah masing-masing installer sudah diunduh, sekarang artinya kita masuk tahap proses instalasi, silakan jalankan installer notepad++-nya, dan selanjutnya installer MinGW-nya.

Mungkin ada yang nanya gini "Ini software bajakan atau gimana nih?"
Jawabannya, ini free lho, bukan software berbayar seperti MS Office, dll. Kalian boleh menyebarluaskannya :)

Sekian dulu post kali ini, semangat coding!! :D

*tutorial ini ditujukan untuk yang memakai Windows yah, kalau pakai ubuntu setau saya sudah ada gcc (gnome c compiler) jadi tidak perlu download MinGW lg, dan bisa gunakan aplikasi pengolah text bawaan ubuntu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar