Rabu, 31 Juli 2013

Cara "Googling" Berdasarkan Pengalaman

Belakangan ini saya diminta tolong untuk nyari materi-materi farmasi, dan sayang sekali gabisa dapet jawabannya. Entah karena skill googling saya yang masih cupu, atau emang susah untuk dicari di web. Sebagai perbandingan, kalau di dunia IT menurut saya ga begitu susah untuk cari-cari materi atau informasi seputar sesuatu. Untuk gambaran, berikut saya tulis gimana caranya untuk googling yang menurut saya baik :

  • cari dengan kata kunci yang mentah, semisal "fungsi zat pensuspensi"
  • cari dengan kata kunci yang sudah kita terjemahkan dalam bahasa inggris, dengan asumsi google punya index lebih baik untuk informasi yang terkait pada web-web yang menggunakan bahasa inggris. contoh : "suspending agent"
  • cari dengan menggunakan nama materi yang mencakup informasi yang sedang kita cari, contoh : "suspensi". lalu lakukan juga dalam bahasa inggris. contoh : "suspension"
  • cari dengan menambahkan ekstensi file seperti pdf dan ppt untuk materi yang kita cari, biasanya kita dapat menemukannya di repository suatu universitas atau file-file yang orang lain upload atau mungkin seringkali kita temukan di slideshare.
Yah, kurang lebih itu cara-cara googling yang saya dapatkan berdasarkan pengalaman. Jika teman-teman punya cara googling lainnya, boleh ditambahkan lho :)

Oiya, sepertinya saya akan mulai aktif untuk posting seputar materi yang saya terima di bangku kuliah ini, semoga bisa membantu teman-teman yang mencari referensi. Tetap semangat guys, jangan sampai kita copy-pasrah, copy lalu paste tanpa kita baca dan pahami. hehe :D

Update
Kita ga bisa secara mentah-mentah nerima informasi yang kita dapet dari kegiatan googling ini, kita juga harus memahami apa yang kita baca dari setiap hasil yang kita temukan, ada kalanya kita sendiri yang harus menyimpulkan dari hasil pencarian tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar