Sabtu, 10 Agustus 2013

Berkreasi dengan Homescreen Android

Hai, selamat pagi kawan-kawan semua. Saat ini jam menunjukkan pukul 2:24 AM untuk kawasan Cimahi dan sekitarnya, tapi mata belum bisa terpejam juga, haha.
Oke, lebih baik kita sharing aja tentang berkreasi dengan homescreen android. Bagi pengguna android yang seneng ngulik tampilan kayaknya udah ga aneh yah sama istilah-istilah launcher, icon pack, custom widget, daaaan lain lain. Post ini akan membahas cara-cara untuk membuat homescreen kamu lebih personalized gitu deh, pokoknya supaya jadi kamu banget!

Getting Started

Well, pertama-tama, untuk dapat lebih mengkreasikan tampilan homescreen, kita perlu yang namanya launcher. Apa itu launcher? Launcher adalah apps yang berhubungan langsung dengan user dan berperan untuk memulai apps lainnya serta menampilkan widget. Langsung aja, contohnya adalah Nova Launcher.

Launcher : Nova Launcher

Play Store


Kenapa harus Nova Launcher? Ngga harus juga sih sebenernya, tapi bagusnya Nova Launcher tuh dia highly customizable. Kita bisa set berapa banyak kolom dan baris yang dapat ditampung di homescreen kita dan di drawer kita, merubah aksen warna dari launcher, merubah icon, dan pastinya hemat memory guys (katanya :D)
Pokoknya install dah Nova Launchernya.

Icon Pack : Click UI

Play Store

Setelah launcher diinstall, selanjutnya kita siapkan icon yang akan kita pakai bro, yang keren sih click ui nih. Singkat cerita icon pack itu adalah kumpulan icon yang dapat kita gunakan di launcher kita untuk menggantikan icon standar. Kok berbayar sih? Kebetulan iya, click ui ini emang icon pack yang berbayar. Tapi jangan berkecil hati, coba deh cari aja dengan keyword "icon pack" di Play Store. Pasti banyak kok icon pack gratis yang bisa kalian temuin. Contohnya adalah yang dibawah ini

Applying Icon Pack

Wooooh, launcher udah siap, icon pack juga udah siap, nah sekarang tinggal eksekusi aja bro. Silakan akses Nova Setting --> Look and Feel --> Icon Theme --> lalu pilih icon pack kalian dan lihat lah hasilnya.

Hasil

Pengen mejeng juga ah, tampilan standar yang cuman ganti launcher dan pasang icon pack.

#1 Screenshot

Dock dan icon apps di homescreen jadi begini bro

#2 Screenshot

Sedangkan apps drawernya jadi begini
Oke deh, sekian aja dulu yah sesi berkreasi dengan homescreennya. Lain kali kita bahas lebih advance deh yah. Keep personalized guys :)
@csrfirdaus






Tidak ada komentar:

Posting Komentar