Senin, 08 Februari 2016

Beberapa Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum iPhone Hilang

Jika kamu pengguna jajaran device Apple yaitu iPhone, iPad, atau iPod Touch, dan bukan teman dari Sherlock Holmes atau punya banyak informan seperti Pablo Escobar mungkin kamu perlu baca tulisan ini. Mungkin.


Beberapa waktu yang lalu iPhone milik pacar saya terjatuh di angkutan kota. Berselang kurang lebih 20 menit akhirnya dia sadar bahwa iPhone 4s white dengan case hello kitty pink (nan aduhai)-nya terjatuh. Singkat cerita setelah melakukan segenap usaha; mencari angkutan kota tersebut, kami dipaksa menerima kenyataan bahwa iPhone tersebut sudah tidak berada di angkutan kota tersebut, dan kini nomor dalam ponsel tersebut tidak aktif. Great. Sad intro. Really.

Berkaca dari kejadian tersebut sekiranya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah atau mungkin mempersiapkan jika suatu saat takdir menyedihkan ini dialami oleh kalian.

Find My iPhone (please)

Mengakses Find My iPhone melalui icloud.com
Pernah dengar "Find My iPhone"? Jika belum mungkin perlu baca ini. Singkat cerita aplikasi ini akan membantu kalian menemukan posisi iPhone kalian manakala hilang. Jika Anda pengguna Android mungkin kalian tau dengan aplikasi Android Device Manager. Cara kerjanya yaitu dengan memanfaatkan gps (pastinya) dan data selular/koneksi internet di iPhone kalian. Aplikasi ini bisa diakses melalui icloud.com dan melalui iPhone kalian. Kerennya, pengguna bisa mengaktifkan "Lost Mode" serta melakukan penghapusan data terhadap iPhone tersebut. Ya, menjanjikan sekali, namun tidak seindah bunga mawar. Syarat untuk mengaktifkan mode tersebut serta melakukan penghapusan data pada iPhone yang hilang adalah iPhone tersebut terkoneksi dengan internet. Kalau ternyata iPhone yang hilang hanya dipakai sebagai ponsel sms dan telepon oleh dia (yang tidak sengaja mengambil, disakuin, dan dibawa pulang) layaknya ponsel esia hidayah tanpa pernah terkoneksi internet apa "Find My iPhone" akan menemukan posisinya? Nope.

Oleh karena itu, aktifkan fitur "Find My iPhone" di device kalian melalui: Setting -> iCloud -> Find My iPhone

Passcode dan TouchID

Salah satu fitur lain yang perlu dipertimbangkan untuk diaktifkan adalah passkey pada lockscreen. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan 4 sampai dengan 6 digit kode untuk melewati lockscreen. Fitur ini dapat diaktifkan dengan melalui : Setting -> Passcode

Bagi pengguna iPhone 5S dan seri yang lebih baru, passcode ini dapat juga dilewati melalui TouchID. TouchID memanfaatkan sidik jari kalian sebagai langkah verifikasi pengguna. Lumrahnya jari yang digunakan adalah jari tangan. Namun jika ingin menggunakan jari yang lain sah-sah saja. Atau mungkin mau menggunakan anggota tubuh lainnya? Bebas.

Ikhlas

Selain fitur-fitur yang sangat berguna tersebut ada fitur lain pada diri kalian yang perlu diaktifkan untuk mencegah, menanggulangi, serta menyikapi kejadian kehilangan iPhone, yaitu;

Teliti dan berhati-hati manakala menggunakan ponsel kalian di tempat publik. Sebelum turun dari kendaraan umum pastikan tidak ada barang bawaan yang tertinggal. Cek lagi ongkos yang akan kalian bayarkan, jangan sampai kalian kasbon atau menyimpan ktp kalian dulu.
Jika ternyata kalian ditakdirkan untuk kehilangan ponsel, baik itu esia hidayah, iPhone, Android, atau baranglainnya mungkin kita perlu evaluasi diri dan ikhlas.

Have a good day fellas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar