Kamis, 20 Oktober 2016

Pengalaman Rekrutmen PT. Telkom Indonesia

Hai teman-teman semua! Apa kabar? Sudah lama sekali rasanya tidak menulis disini. Dalam beberapa post kedepan insyaAllah saya akan berbagi pengalaman seputar proses rekrutmen PT. Telkom Indonesia (selanjutnya disebut dengan telkom). Adapula dalam post ini ada beberapa hal yang ingin saya utarakan, yaitu informasi umum rekrutmen, persyaratan, dan proses seleksi.
Logo Telkom Indonesia

"Think Big, Do Small Things, and Do Now!"

General Info

Rekrutmen telkom biasanya akan dilaksanakan 2 kali setiap tahunnya, yakni pada awal dan ahir tahun. Batch 4 (batch yang saya ikuti) sendiri menerima  130 orang. Situs resmi rekrutmen telkom dapat di akses di http://rekrutmen.telkom.co.id/. Kegiatan rekrutmen telkom disebut dengan Great People Trainee Program (GPTP). Teman-teman akan bersaing dengan wilayah lainnya atau seluruh Indonesia, tidak hanya wilayah asal teman-teman. Sebagai gambaran, disebutkan bahwa jumlah pendaftar batch 4 adalah sebanyak 14 ribu orang, jumlah yang tidak sedikit bukan? Untuk itu ayo tonjolkan kelebihan teman-teman, pahami diri teman-teman, dan temukan passion teman-teman.

Oiya, saat post ini ditulis (20 Oktober 2016) sedang ramai penipuan yang mengatasnamakan telkom. Modusnya adalah tiba-tiba teman-teman dikirmkan undangan untuk mengikuti seleksi di salah satu kota yang berbeda dengan kota asal teman-teman. Si penipu akan meminta sejumlah dana dengan alasan dana tersebut digunakan sebagai transport travel dan akan diganti setelah teman-teman dinyatakan diterima. Saya yakin teman-teman adalah orang yang cerdas, dan pasti dapat melihat keganjilan dari modus ini, dan dapat pula menentukan mana email yang asli dan yang palsu. Salah satu cirinya adalah email dengan modus penipuan tidak menggunakan email dengan domain @telkom.co.id, misalnya @gmail.co.id.

Baca juga:

Persyaratan

Untuk persyaratannya dapat dibilang relatif sederhana, gak neko-neko. Teman-teman diwajibkan untuk mendaftarkan diri di situs resmi rekrutmen telkom. Nah, pokoknya ada berbagai data yang mesti kita isi, antara lain: biodata, nilai semasa studi, pengalaman kerja, motivasi bergabung dengan telkom, nilai TOEFL ITP, dll.

Untuk bagian ini tentunya data yang diinputkan harus sesuai dengan keadaan atau dengan fakta yang ada. Tonjolkan kekuatan yang dimiliki oleh teman-teman baik itu berupa keahlian di bidang teman-teman, maupun pencapaian lainnya. Nilai TOEFL minimal adalah 500. Bagi temen-temen yang hasil toeflnya masih di bawah 500 silakan diasah lagi kemampuannya, dan jangan lupa untuk melakukan tes di lembaga yang kredibel, salah satunya di Balai Bahasa Universitas Pendidikan Indonesia. Ada baiknya untuk melakukan tes TOEFL ITP dari jauh-jauh hari, sehingga tidak terburu-buru.

Setelah membuat akun teman-teman akan diminta untuk melengkapi data diri teman-teman. Gambar di bawah menunjukkan aspek apa saja yang mesti teman-teman lengkapi.
Kategori Data yang Wajib Diisi


Selanjutnya teman-teman dapat melakukan apply pada halaman job vacancy.

Proses Seleksi

Proses seleksi untuk rekrutmen telkom kalo saya boleh bilang sih lumayan memakan waktu. Sebagai contoh saya mulai mengurus persyaratan di bulan Juni 2016 (1 bulan setelah saya lulus dari jenjang S1) dan berakhir pada bulan September 2016. Agak lama ketimbang pengalaman saya untuk mengikuti rekrutmen di perusahaan swasta. Tapi positifnya diantara waktu tes satu dengan yang lainnya kita ada banyak waktu untuk mempersiapkan diri, mental, dan meminta kepada Allah.

Rangkaian seleksi dibagi menjadi:
  • Administrasi
  • Tahap 1 : Online Assesment
  • Tahap 2 : Online Interview dan Essay
  • Tahap 3 : Interview
Dari sisi tahap sih memang terlihat sedikit, tapi tenang aja teman-teman, ternyata di setiap tahapan ada beberapa tes yang mesti dilakukan hehehe.

Untuk rangkaian kegiatan selanjutnya akan dijelaskan di-post selanjutnya yaaa. Sampai sini dulu untuk saat ini. Semoga tulisan ini bisa menggugah teman-teman untuk bergabung di PT. Telkom Indonesia untuk bersama membangun negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar