Kamis, 03 November 2016

Pengalaman Rekrutmen PT. Telkom Indonesia - Seleksi Administrasi dan Tahap 1

Hai semua, sebelumnya saya sudah sempat menuliskan post pengantar untuk seri pengalaman rekrutmen PT. Telkom Indonesia, nah kali ini kita mulai bahas seleksi administrasi dan Tahap 1 atau Online Assessment. Oiya sebagai informasi tambahan, di saat post ini saya tulis (2 November 2016), saya sedang menjalankan On Job Training tahap 1 dan ditugaskan di kota Yogyakarta. Ternyata Indonesia memang asri yaa😁

Seleksi Administrasi

Di tahap ini teman-teman diwajibkan untuk melengkapi data diri teman-teman di web rekrutmen Telkom Indonesia. Nah yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan antara lain konten Curriculum Vitae atau CV teman-teman sekalian. Misalnya apa passion teman-teman, pengalaman kerja, atau pencapaian apa saja yang sudah pernah diraih oleh teman-teman. Jangan merasa sungkan atau malu dengan apa yang teman-teman punya, kemukakan saja semuanya, tunjukkan bahwa teman-teman adalah orang-orang yang cocok bekerja di Telkom Indonesia. Untuk nilai TOEFL ITP itu minimal 500 yaaa. Pokoknya ya apply, lengkapi, dan berdoa. Setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi teman-teman akan di menghadapi tes tahap 1 yaitu Online Assessment.

baca juga : 


Seleksi Tahap 1

Oke, dalam tahap ini teman-teman akan menghadapi beberapa tes, yang harus dilalui. Pertama-tama teman-teman diharuskan melakukan konfirmasi data. Setelah data yang diinputkan dikonfirmasi oleh teman-teman maka selanjutnya kegiatan tes akan dibagi menjadi:
  • General Cognitive test.
Tes ini mirip mirip dengan tes potensi akademik (TPA). Di dalamnya mencakup materi sinonim-antonim, deret, dan bangun ruang. Kunci dari tes ini tentunya adalah "bisa karena biasa".
  • English Ability test.
English Ability test ini mirip dengan tes toefl, pastinya teman-teman sudah tidak asing dengan tes semacam ini.
  • Knowledge Assessment.
Tes ini merupakan tes bidang keahlian teman-teman masing-masing. Sebagai contoh saya merupakan lulusan program studi Ilmu Komputer dan melamar dengan kategori INF atau informatika, nah saya dihadapkan dengan hal-hal yang relevan dengan dunia informatika dan bisnis telkom saat ini. Kunci untuk mendapatkan nilai baik dalam tes ini menurut saya teman-teman sebaiknya peduli terhadap teknologi yang sedang ramai diperbincangkan serta aktif melakukan riset tentang bisnis telkom saat ini.
  • Telkom Way Assessment.
Nah kalau ini sih tes yang termudah. Teman-teman akan diharuskan menjawab beberapa pertanyaan terkait kepribadian dan pandangan teman-teman terhadap dinamika pekerjaan, nilai yang dianut atau diyakini, dan etos kerja. Kuncinya jadilah diri sendiri, sehingga menjawabnya tidak dibuat-buat.

Ya sekian dulu post ke 2 dari seri rekrutmen Telkom Indonesia ini, selanjutnya akan dipaparkan tes tahap 2 dan 3 yaa. Jangan lupa bantu sebarkan tulisan ini, barangkali di luar sana ada teman-teman yang membutuhkan. Sukses selalu untuk teman-teman semua.

24 komentar:

  1. permisi kak, saya mau bertanya untuk konfirmasi data itu, kita upload data lagi seperti ijazah, transkrip, dan sertifikat lainnya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hanya mengkonfirmasi data yg pernah diinputkan sebelumnya mbak

      Hapus
  2. tidak kok td saya tes barusan itu untuk pengetahuan umum kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanggal 30 Januari 2017 hanya data confirmation dan trial test. silakan dilihat di jadwal selanjutnya yg telah ditetapkan. semoga sukses :) (01, 02, dan 03 Februari 2017)

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Asik banget udah OJT aja. Selamat ya! oiya mau nanya yang tes English Ability Tes itu beneran kayak TOEFL? Soalnya pernah baca di blog lain itu mirip tes GMAT?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih!
      Mirip mbak, wong sama-sama reading hehehehe
      Lebih tepatnya GMAT Critical Reasoning. :)

      Hapus
  5. kalau boleh tau knowledge assesment untuk inf topiknya sekitar apa saja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. knowledge assessment tentunya bervarian sesuai dengan bidang teman-teman ya..
      sayangnya saya gabisa bocorin terkait materi2 apasaja yg diujikan, mohon maaf :D

      Hapus
  6. kalo boleh tau.. sebenernya pengumuman tes tahap 1 telkom ini udah ada pengumumannya belom ya ?saya ikut tes juga, tapi belom ada kabarnya lagi

    BalasHapus
  7. kalo boleh tau.. sebenernya pengumuman tes tahap 1 telkom ini udah ada pengumumannya belom ya ?saya ikut tes juga, tapi belom ada kabarnya lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. notifikasi hasil tes / pengumuman akan dikirimkan via email dan di post di web rekrutmen.telkom.co.id ya
      semoga sukses!

      Hapus
  8. Haloo mas. Terima kasih banyak sharingnya sangat bermanfaat. Kebetulan saya akan tes tahap akhir mas. Mas, masih ingat tidak, contoh soal pertanyaan untuk Telkom Way Assesment? Mohon infonya mas. Makasih banyak mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satunya terkait budaya kerja mbak, kita diminta memilih kira2 mana yg paling cocok

      Hapus
  9. mas tesnya yg seleksi tahap 1 online ?

    BalasHapus
  10. Mas saya mau tanya. Untuk tes konfirmasibdata log in nya dari mana ya? Kohon dibalesss thanks

    BalasHapus
  11. Mas mau nanya untuk tahap 1 yang online assement harus di daerah lokasi tes yang dipilih? Soalnya saya ada urusan diluar kota

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, saat saya rekrut sih bisa mengajukan lokasi/kota untuk pelaksanaan tesnya yaa

      Hapus
  12. Bermanfaat sekali infonya kak. Saya juga sedang melamar di Telkom, tapi posisi yg saya lamar adalah Digital Content yg agak melenceng sedikit dari jurusan saya, yaitu hubungan masyarakat (ilmu komunikasi). Dalam situasi ini, menurut kakak apakah soal yg saya dapatkan untuk knowledge assesment seputar hubungan masyarakat sesuai jurusan atau tentang digital content (yg sepertinya lebih dekat ke DKV)? Terima kasih 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai sekar, untuk tes sepertinya lebih condong ke jurusan yang dilamar yaa. semoga sukses dalam menjalani rangkaian rekrutmennya ya

      Hapus
  13. nice post min..
    izin ninggalin jejak ya min..
    www.kabarkerja.id
    informasi lowongan kerja yg di update setiap hari nya

    BalasHapus
  14. mas kalo boleh di share untuk kisi kisi soal tes nya :)
    makasih mas :)

    BalasHapus